LIGHT RAIL TRANSIT
Velodrome – Kelapa Gading Jakarta

Velodrome – Kelapa Gading
Jakarta

Owner

JAKARTA PROPERTINDO

Tahun Pelaksanaan

2016-2018

Kontraktor

PT WIJAYA KARYA (PERSERO) Tbk

Omset Kontrak

IDR 751.101.873.508

SBU

  • Box Girder
  • PC I Girder
  • PC U Girder
  • PC Sleeper 1435
  • Jasa

Light Rail Transit (LRT) Jakarta Koridor 1

Merupakan kereta api ringan yang menghubungkan Velodrome Rawamangun dengan kawasan Kelapa Gading, Jakarta. Kehadiran LRT Jakarta Koridor 1 ini diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi kepadatan lalu lintas di sepanjang Rawamangun – Kawasan Kelapa Gading.

Lintasan sepanjang 5,8 km ini melayani perjalanan dengan rute stasiun Pegangsaan Dua, stasiun Boulevard Utara, stasiun Pulomas, stasiun Equestrian Park, dan stasiun Velodrome. Stasiun Pegangsaan Dua yang juga merupakan Depo LRT menerapkan konsep Transit Oriented Development (TOD). Sistem ini mengintegrasikan moda transportasi publik dengan bangunan dan kawasan sekitar yang memudahkan akses transportasi umum dan menciptakan nyaman bagi masyarakat.

Andil WIKA Beton

Berpengalaman sebagai produsen PC Sleepers pertama yang lulus Test Track sejak 1984 menjadikan PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WIKA Beton) dipercaya sebagai pemasok sekaligus pelaksana instalasi PC Sleepers oleh Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku owner dan WIKA selaku kontraktor utama untuk pembangunan lintasan LRT Jakarta.

Pembangunan LRT Jakarta ini merupakan salah satu mega proyek WIKA Beton

karena nilai kontrak yang didapat mencapai Rp751 miliar. Pada proyek ini, WIKA Beton berperan sebagai penyedia komponen beton untuk Pembangunan Fasilitas Penunjang Aktivitas LRT Jakarta yakni viaduct, jalur, dan bangunan menggunakan
  • Box Girder,
  • Spun Pile,
  • PC I-Girder dan PC U-Girder,
  • Precast Concrete Sleepers (Bantalan Jalan Rel),
  • Precast Concrete Bearers (Bantalan Rel Wessel),
  • Traffic Concrete Barrier, serta
  • Ready Mix.
Keseluruhan produk beton pracetak ini didukung penuh oleh Pabrik Produk Beton (PPB) Majalengka, PPB Karawang dan PPB Subang.

Selain menjadi penyedia komponen beton, WIKA Beton juga menyediakan jasa desain konsep dan instalasi  untuk pekerjaan viaduct (Box Girder) serta pekerjaan jalur kereta (trackwork dengan sistem ballast-less slab track).

Trackwork LRT Jakarta

Trackwork merupakan konstruksi pekerjaan perlintasan kereta api beserta sarana penunjang sistemnya. Pada LRT Jakarta, pekerjaan trackwork mencakup Engineering, Procurement dan Construction. Pekerjaan ini terbagi ke dalam dua area, yaitu Mainline dan Depo Pegangsaan Dua (lantai dasar dan lantai 1) yang dilaksanakan oleh WIKA Beton – Emrail KSO, yakni kerja sama operasi antara WIKA Beton dan EMRAIL SDN BHD. Untuk menghasilkan trackwork yang berkualitas, WIKA Beton – Emrail KSO melakukan perancangan selama 13.000 jam dan dieksekusi oleh 400 pekerja selama 24 jam nonstop.

Uji Coba LRT

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta jajaran melakukan kunjungan ke LRT Jakarta untuk uji coba pada 15 Juli 2018. Budi Karya Sumadi memastikan bahwa keamanan dan kenyamanan pengguna LRT Jakarta dapat terjamin.

Sertifikat Premium Partnership

Saat momen uji coba LRT Jakarta pada 21 Juni 2019, Jakarta Propertindo (Jakpro) menyelenggarakan konferensi pers dengan pihak media. Pada kesempatan yang sama, Jakpro menyerahkan Sertifikat Premium Partnership (Certificate of Premium Partnership) LRT Jakarta kepada WIKA Beton – Emrail KSO sebagai apresiasi atas kesuksesannya mendukung pembangunan LRT Jakarta.

Sertifikat ini diserahkan langsung oleh Dwi Wahyu Daryoto, Ak.,Msi. selaku Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) kepada Akhmad Yani Qorry selaku perwakilan dari Tim Manajemen Proyek WIKA Beton – Emrail KSO.

Dengan perolehan sertifikat ini, WIKA Beton dan Emrail berharap mampu kembali meraih pasar Trackwork pada proyek perkeretaapian di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Galeri Produk

Box Gilder

PC I Girder

PC U Girder

PC Sleeper
1435

Play Video

LIGHT RAIL TRANSIT
Velodrome – Kelapa Gading Jakarta

Kelapa Gading - Velodrome

Owner

JAKARTA PROPERTINDO

Tahun Pelaksanaan

2016-2018

Kontraktor

PT WIJAYA KARYA (PERSERO) Tbk

Omset Kontrak

IDR 751.101.873.508

SBU

  • Box Girder
  • PC I Girder
  • PC U Girder
  • PC Sleeper 1435
  • Jasa

Light Rail Transit (LRT) Jakarta Koridor 1

Merupakan kereta api ringan yang menghubungkan Velodrome Rawamangun dengan kawasan Kelapa Gading, Jakarta. Kehadiran LRT Jakarta Koridor 1 ini diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi kepadatan lalu lintas di sepanjang Rawamangun – Kawasan Kelapa Gading.

Lintasan sepanjang 5,8 km ini melayani perjalanan dengan rute stasiun Pegangsaan Dua, stasiun Boulevard Utara, stasiun Pulomas, stasiun Equestrian Park, dan stasiun Velodrome. Stasiun Pegangsaan Dua yang juga merupakan Depo LRT menerapkan konsep Transit Oriented Development (TOD). Sistem ini mengintegrasikan moda transportasi publik dengan bangunan dan kawasan sekitar yang memudahkan akses transportasi umum dan menciptakan nyaman bagi masyarakat.

Andil WIKA Beton

Berpengalaman sebagai produsen PC Sleepers pertama yang lulus Test Track sejak 1984 menjadikan PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WIKA Beton) dipercaya sebagai pemasok sekaligus pelaksana instalasi PC Sleepers oleh Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku owner dan WIKA selaku kontraktor utama untuk pembangunan lintasan LRT Jakarta.

Pembangunan LRT Jakarta ini merupakan salah satu mega proyek WIKA Beton

karena nilai kontrak yang didapat mencapai Rp751 miliar. Pada proyek ini, WIKA Beton berperan sebagai penyedia komponen beton untuk Pembangunan Fasilitas Penunjang Aktivitas LRT Jakarta yakni viaduct, jalur, dan bangunan menggunakan
  • Box Girder,
  • Spun Pile,
  • PC I-Girder dan PC U-Girder,
  • Precast Concrete Sleepers (Bantalan Jalan Rel),
  • Precast Concrete Bearers (Bantalan Rel Wessel),
  • Traffic Concrete Barrier, serta
  • Ready Mix.
Keseluruhan produk beton pracetak ini didukung penuh oleh Pabrik Produk Beton (PPB) Majalengka, PPB Karawang dan PPB Subang.

Selain menjadi penyedia komponen beton, WIKA Beton juga menyediakan jasa desain konsep dan instalasi  untuk pekerjaan viaduct (Box Girder) serta pekerjaan jalur kereta (trackwork dengan sistem ballast-less slab track).

Trackwork LRT Jakarta

Trackwork merupakan konstruksi pekerjaan perlintasan kereta api beserta sarana penunjang sistemnya. Pada LRT Jakarta, pekerjaan trackwork mencakup Engineering, Procurement dan Construction. Pekerjaan ini terbagi ke dalam dua area, yaitu Mainline dan Depo Pegangsaan Dua (lantai dasar dan lantai 1) yang dilaksanakan oleh WIKA Beton – Emrail KSO, yakni kerja sama operasi antara WIKA Beton dan EMRAIL SDN BHD. Untuk menghasilkan trackwork yang berkualitas, WIKA Beton – Emrail KSO melakukan perancangan selama 13.000 jam dan dieksekusi oleh 400 pekerja selama 24 jam nonstop.

Uji Coba LRT

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta jajaran melakukan kunjungan ke LRT Jakarta untuk uji coba pada 15 Juli 2018. Budi Karya Sumadi memastikan bahwa keamanan dan kenyamanan pengguna LRT Jakarta dapat terjamin.

Sertifikat Premium Partnership

Saat momen uji coba LRT Jakarta pada 21 Juni 2019, Jakarta Propertindo (Jakpro) menyelenggarakan konferensi pers dengan pihak media. Pada kesempatan yang sama, Jakpro menyerahkan Sertifikat Premium Partnership (Certificate of Premium Partnership) LRT Jakarta kepada WIKA Beton – Emrail KSO sebagai apresiasi atas kesuksesannya mendukung pembangunan LRT Jakarta.

Sertifikat ini diserahkan langsung oleh Dwi Wahyu Daryoto, Ak.,Msi. selaku Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) kepada Akhmad Yani Qorry selaku perwakilan dari Tim Manajemen Proyek WIKA Beton – Emrail KSO.

Dengan perolehan sertifikat ini, WIKA Beton dan Emrail berharap mampu kembali meraih pasar Trackwork pada proyek perkeretaapian di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Galeri Produk

Box Gilder

PC I Girder

PC U Girder

PC Sleeper
1435

Play Video

Concrete Level Crossing

Stasiun Gedebage

Perlintasan Sebidang Kereta Api ( Concrete Level Crossing )
di Jalur Kereta Api
Gedebage Bandung

Perlintasan sebidang kereta api adalah perpotongan sebidang antara jalur kereta api dengan jalan raya maupun jalan kecil yang berfungsi sebagai jalur perlintasan kendaraan bermotor yang melintas.

Perlintasan sebidang umumnya menggunakan material

  • Aspal,
  • Kayu,
  • Rubber,
  • Beton cor ditempat maupun
  • Kombinasi beton dan rubber.
Saat ini, perlintasan sebidang dengan komponen utama dari beton pracetak umum mulai gencar diaplikasikan di tanah air karena berbagai keunggulan yang dimilikinya. Beton pracetak pada perlintasan sebidang kereta api ini berbentuk pelat penutup dan dikenal dengan istilah atau Concrete Level Crossing (CLC).
CLC dinilai lebih unggul dibandingkan penutup aspal, kayu, rubber, beton cor ditempat maupun kombinasi beton dan rubber karena adanya penerapan konsep beton pracetak sehingga mutu beton lebih terjaga dibandingkan beton konvensional.
Modul CLC sendiri bisa didesain per segmen sehingga bisa menyesesuaikan dengan kebutuhan lebar jalan. Modul yang menerapkan konsep knock down ini memudahkan saat proses pemasangan sekaligus memudahkan saat perlu dilaksanakannya maintenance track jalur kereta api.

Mengenai daya tahan,

CLC memiliki durability yang tinggi sehingga ekonomis dalam jangka waktu yang lama begitupun saat maintenance perlintasan sebidang. Dengan durability yang tinggi, tentu saja tidak hanya berdampak pada biaya maintenance yang lebih rendah tetapi juga meminimalisir frekuensi terjadinya kerusakan jalan yang berpotensi menimbulkan kecelakaan kendaraan bermotor.
Dari segi durasi waktu, pemasangan dan maintenance perlintasan sebidang yang menggunakan CLC membutuhkan waktu yang relatif lebih singkat dibandingkan dengan durasi pemasangan dan maintenance pada perlintasan sebidang yang menggunakan aspal. Tentunya, hal ini dapat mengoptimalkan fungsi perlintasan sebidang bagi kendaraan bermotor yang melintasi jalur kereta api.

Melihat fungsi dan keunggulan CLC bagi kenyamanan
pengguna jalan

PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WIKA Beton) menghasilkan inovasi produk CLC dan telah diaplikasikan pada Jalur Perlintasan Sebidang Kereta Api Gedebage di Bandung.
WIKA Beton memproduksi modul beton pracetak CLC di Pabrik Produk Beton (PPB) Bogor. Modul CLC yang telah selesai diproduksi, dikirim langsung oleh WIKA Beton ke titik lokasi dan sudah dilakukan pemasangan di perlintasan sebidang tersebut .
Jalur Perlintasan Sebidang Kereta Api Gedebage ini kerap dilalui oleh kendaraan besar seperti mobil muat container dan truk sehingga seringkali terjadi kemacetan di titik perlintasan sebidang tersebut dan juga kerusakan pada aspal. Dengan pemasangan CLC, kemungkinan terjadinya kerusakan jalan pada perlintasan sebidang yang berpotensi pada kecelakaan menjadi lebih kecil dan kemacetan yang sebelumnya sering terjadi bisa terurai dengan baik.

Galeri Produk

Concrete Level Crossing

Video

Play Video