LIGHT RAIL TRANSIT
Velodrome – Kelapa Gading Jakarta

Velodrome – Kelapa Gading
Jakarta

Owner

JAKARTA PROPERTINDO

Tahun Pelaksanaan

2016-2018

Kontraktor

PT WIJAYA KARYA (PERSERO) Tbk

Omset Kontrak

IDR 751.101.873.508

SBU

  • Box Girder
  • PC I Girder
  • PC U Girder
  • PC Sleeper 1435
  • Jasa

Light Rail Transit (LRT) Jakarta Koridor 1

Merupakan kereta api ringan yang menghubungkan Velodrome Rawamangun dengan kawasan Kelapa Gading, Jakarta. Kehadiran LRT Jakarta Koridor 1 ini diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi kepadatan lalu lintas di sepanjang Rawamangun – Kawasan Kelapa Gading.

Lintasan sepanjang 5,8 km ini melayani perjalanan dengan rute stasiun Pegangsaan Dua, stasiun Boulevard Utara, stasiun Pulomas, stasiun Equestrian Park, dan stasiun Velodrome. Stasiun Pegangsaan Dua yang juga merupakan Depo LRT menerapkan konsep Transit Oriented Development (TOD). Sistem ini mengintegrasikan moda transportasi publik dengan bangunan dan kawasan sekitar yang memudahkan akses transportasi umum dan menciptakan nyaman bagi masyarakat.

Andil WIKA Beton

Berpengalaman sebagai produsen PC Sleepers pertama yang lulus Test Track sejak 1984 menjadikan PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WIKA Beton) dipercaya sebagai pemasok sekaligus pelaksana instalasi PC Sleepers oleh Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku owner dan WIKA selaku kontraktor utama untuk pembangunan lintasan LRT Jakarta.

Pembangunan LRT Jakarta ini merupakan salah satu mega proyek WIKA Beton

karena nilai kontrak yang didapat mencapai Rp751 miliar. Pada proyek ini, WIKA Beton berperan sebagai penyedia komponen beton untuk Pembangunan Fasilitas Penunjang Aktivitas LRT Jakarta yakni viaduct, jalur, dan bangunan menggunakan
  • Box Girder,
  • Spun Pile,
  • PC I-Girder dan PC U-Girder,
  • Precast Concrete Sleepers (Bantalan Jalan Rel),
  • Precast Concrete Bearers (Bantalan Rel Wessel),
  • Traffic Concrete Barrier, serta
  • Ready Mix.
Keseluruhan produk beton pracetak ini didukung penuh oleh Pabrik Produk Beton (PPB) Majalengka, PPB Karawang dan PPB Subang.

Selain menjadi penyedia komponen beton, WIKA Beton juga menyediakan jasa desain konsep dan instalasi  untuk pekerjaan viaduct (Box Girder) serta pekerjaan jalur kereta (trackwork dengan sistem ballast-less slab track).

Trackwork LRT Jakarta

Trackwork merupakan konstruksi pekerjaan perlintasan kereta api beserta sarana penunjang sistemnya. Pada LRT Jakarta, pekerjaan trackwork mencakup Engineering, Procurement dan Construction. Pekerjaan ini terbagi ke dalam dua area, yaitu Mainline dan Depo Pegangsaan Dua (lantai dasar dan lantai 1) yang dilaksanakan oleh WIKA Beton – Emrail KSO, yakni kerja sama operasi antara WIKA Beton dan EMRAIL SDN BHD. Untuk menghasilkan trackwork yang berkualitas, WIKA Beton – Emrail KSO melakukan perancangan selama 13.000 jam dan dieksekusi oleh 400 pekerja selama 24 jam nonstop.

Uji Coba LRT

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta jajaran melakukan kunjungan ke LRT Jakarta untuk uji coba pada 15 Juli 2018. Budi Karya Sumadi memastikan bahwa keamanan dan kenyamanan pengguna LRT Jakarta dapat terjamin.

Sertifikat Premium Partnership

Saat momen uji coba LRT Jakarta pada 21 Juni 2019, Jakarta Propertindo (Jakpro) menyelenggarakan konferensi pers dengan pihak media. Pada kesempatan yang sama, Jakpro menyerahkan Sertifikat Premium Partnership (Certificate of Premium Partnership) LRT Jakarta kepada WIKA Beton – Emrail KSO sebagai apresiasi atas kesuksesannya mendukung pembangunan LRT Jakarta.

Sertifikat ini diserahkan langsung oleh Dwi Wahyu Daryoto, Ak.,Msi. selaku Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) kepada Akhmad Yani Qorry selaku perwakilan dari Tim Manajemen Proyek WIKA Beton – Emrail KSO.

Dengan perolehan sertifikat ini, WIKA Beton dan Emrail berharap mampu kembali meraih pasar Trackwork pada proyek perkeretaapian di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Galeri Produk

Box Gilder

PC I Girder

PC U Girder

PC Sleeper
1435

Play Video

LIGHT RAIL TRANSIT
Velodrome – Kelapa Gading Jakarta

Kelapa Gading - Velodrome

Owner

JAKARTA PROPERTINDO

Tahun Pelaksanaan

2016-2018

Kontraktor

PT WIJAYA KARYA (PERSERO) Tbk

Omset Kontrak

IDR 751.101.873.508

SBU

  • Box Girder
  • PC I Girder
  • PC U Girder
  • PC Sleeper 1435
  • Jasa

Light Rail Transit (LRT) Jakarta Koridor 1

Merupakan kereta api ringan yang menghubungkan Velodrome Rawamangun dengan kawasan Kelapa Gading, Jakarta. Kehadiran LRT Jakarta Koridor 1 ini diharapkan menjadi solusi untuk mengatasi kepadatan lalu lintas di sepanjang Rawamangun – Kawasan Kelapa Gading.

Lintasan sepanjang 5,8 km ini melayani perjalanan dengan rute stasiun Pegangsaan Dua, stasiun Boulevard Utara, stasiun Pulomas, stasiun Equestrian Park, dan stasiun Velodrome. Stasiun Pegangsaan Dua yang juga merupakan Depo LRT menerapkan konsep Transit Oriented Development (TOD). Sistem ini mengintegrasikan moda transportasi publik dengan bangunan dan kawasan sekitar yang memudahkan akses transportasi umum dan menciptakan nyaman bagi masyarakat.

Andil WIKA Beton

Berpengalaman sebagai produsen PC Sleepers pertama yang lulus Test Track sejak 1984 menjadikan PT Wijaya Karya Beton Tbk. (WIKA Beton) dipercaya sebagai pemasok sekaligus pelaksana instalasi PC Sleepers oleh Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku owner dan WIKA selaku kontraktor utama untuk pembangunan lintasan LRT Jakarta.

Pembangunan LRT Jakarta ini merupakan salah satu mega proyek WIKA Beton

karena nilai kontrak yang didapat mencapai Rp751 miliar. Pada proyek ini, WIKA Beton berperan sebagai penyedia komponen beton untuk Pembangunan Fasilitas Penunjang Aktivitas LRT Jakarta yakni viaduct, jalur, dan bangunan menggunakan
  • Box Girder,
  • Spun Pile,
  • PC I-Girder dan PC U-Girder,
  • Precast Concrete Sleepers (Bantalan Jalan Rel),
  • Precast Concrete Bearers (Bantalan Rel Wessel),
  • Traffic Concrete Barrier, serta
  • Ready Mix.
Keseluruhan produk beton pracetak ini didukung penuh oleh Pabrik Produk Beton (PPB) Majalengka, PPB Karawang dan PPB Subang.

Selain menjadi penyedia komponen beton, WIKA Beton juga menyediakan jasa desain konsep dan instalasi  untuk pekerjaan viaduct (Box Girder) serta pekerjaan jalur kereta (trackwork dengan sistem ballast-less slab track).

Trackwork LRT Jakarta

Trackwork merupakan konstruksi pekerjaan perlintasan kereta api beserta sarana penunjang sistemnya. Pada LRT Jakarta, pekerjaan trackwork mencakup Engineering, Procurement dan Construction. Pekerjaan ini terbagi ke dalam dua area, yaitu Mainline dan Depo Pegangsaan Dua (lantai dasar dan lantai 1) yang dilaksanakan oleh WIKA Beton – Emrail KSO, yakni kerja sama operasi antara WIKA Beton dan EMRAIL SDN BHD. Untuk menghasilkan trackwork yang berkualitas, WIKA Beton – Emrail KSO melakukan perancangan selama 13.000 jam dan dieksekusi oleh 400 pekerja selama 24 jam nonstop.

Uji Coba LRT

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beserta jajaran melakukan kunjungan ke LRT Jakarta untuk uji coba pada 15 Juli 2018. Budi Karya Sumadi memastikan bahwa keamanan dan kenyamanan pengguna LRT Jakarta dapat terjamin.

Sertifikat Premium Partnership

Saat momen uji coba LRT Jakarta pada 21 Juni 2019, Jakarta Propertindo (Jakpro) menyelenggarakan konferensi pers dengan pihak media. Pada kesempatan yang sama, Jakpro menyerahkan Sertifikat Premium Partnership (Certificate of Premium Partnership) LRT Jakarta kepada WIKA Beton – Emrail KSO sebagai apresiasi atas kesuksesannya mendukung pembangunan LRT Jakarta.

Sertifikat ini diserahkan langsung oleh Dwi Wahyu Daryoto, Ak.,Msi. selaku Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda) kepada Akhmad Yani Qorry selaku perwakilan dari Tim Manajemen Proyek WIKA Beton – Emrail KSO.

Dengan perolehan sertifikat ini, WIKA Beton dan Emrail berharap mampu kembali meraih pasar Trackwork pada proyek perkeretaapian di Indonesia bahkan Asia Tenggara.

Galeri Produk

Box Gilder

PC I Girder

PC U Girder

PC Sleeper
1435

Play Video

Pembangunan Prasarana Perkeretaapian Umum

Makassar - Parepare

Owner

Kementrian Perhubungan

Tahun Pelaksanaan

2022

Kontraktor

  • KSO PP (pembangunan Perumahan) Bumi Karsa
  • PT Pindad Global Sources and Trading
  • PT Istana Putra Agung
  • KSO Wika – Sejahtera
  • PT Pijar Utama
  • PT Peraga Lambang Sejahtera

Omset Kontrak

IDR 25. 753. 809. 400

SBU

  • Bantalan Beton
  • PC I Girder
  • Box Culvert

Kereta Api Makassar – Parepare

KA Trans-Sulawesi Tahap I

Merupakan tahap pertama pembangunan jaringan kereta api Trans-Sulawesi yang dirancang akan menghubungkan seluruh Pulau Sulawesi.
KA pertama yang berada di Sulawesi ini termasuk dalam salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) pemerintah dan akan dibangun secara bertahap. Tahap pertama KA Trans-Sulawesi ini akan menghubungkan Kota Makassar dan Kota Parepare dengan jalur sepanjang kurang lebih 145 km.
Proses peletakan batu pertama pembangunan KA Makassar – Parepare dilaksanakan pada hari Senin, 18 Agustus 2014 di Desa Siawung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru dan disusul dengan pemasangan rel pertama pada hari Jumat, 13 November 2015 di Desa Lalabata, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru.
Infrastruktur yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan ini mulanya didesain berupa jalur tunggal, tetapi lahan yang disiapkan memungkinkan adanya pembangunan jalur ganda. Jalur KA ini rencananya akan melewati 17 stasiun sebagai pemberhentian kereta api.
Harapannya, kehadiran KA Makassar – Parepare dapat memperkuat konektivitas wilayah di Pulau Sulawesi yang dapat memudahkan mobilitas masyarakat Sulawesi.

Peran WIKA Beton untuk
KA Pertama di Sulawesi

Rekam jejak WIKA Beton di bidang perkeretaapian tanah air telah dimulai sejak WIKA Beton menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang lulus test track Bantalan Jalan Rel (PC Sleepers) pada 1984 dan diikuti dengan berbagai pengalaman pada proyek pembangunan perkeretaapian di Indonesia.
Catatan positif ini memberikan kesempatan pada WIKA Beton untuk berperan serta dalam pembangunan Kereta Api Makassar – Parepare melalui penyediaan produk Bantalan Jalan Rel. Peran serta WIKA Beton tidak hanya sebatas pada pengadaan produk beton tetapi juga pelaksanaan pekerjaan Engineering, Procurement, and Construction (EPC) Trackwork yang digarap bersama anak perusahaan Kalla Group, yakni PT Kalla Beton.
Masyarakat Sulawesi akan memiliki layanan transportasi kereta api dengan rute Makassar – Parepare. Pemerintah menargetkan rute tersebut beroperasi pada akhir Oktober 2022 mendatang.

Galeri Produk

Sleeper

PC I Girder

Box Culvert